Andri91’s Weblog


DANAU KALIMUTU NTT
March 1, 2008, 7:50 am
Filed under: Uncategorized

tp47bbd10b2f640-umi.jpgRating : Rating 0 0 (0 pemilih)

A. Selayang Pandang

Danau Kelimutu  yang terletak di puncak Gunung Kelimutu ini masuk dalam rangkaian Taman  Nasional Kelimutu. Danau ini berada di ketinggian 1.631 meter dari permukaan  laut.

Beberapa flora  yang dapat ditemui di sekitar danau antara lain Kesambi (Schleichera oleosa),  Cemara (Casuarina equisetifolia) dan bunga abadi Edelweiss. Sedangkan fauna yang ada di sekitar danau, antara lain Rusa  (Cervus timorensis), Babi hutan (Sus sp.), Ayam hutan (Gallus  gallus) dan Elang (Elanus sp.)

B. Keistimewaan

Danau  Kelimutu mempunyai tiga kubangan raksasa. Masing-masing kubangan mempunyai warna  air yang selalu berubah tiap tahunnya. Air di salah satu tiga kubangan berwarna  merah dan dapat menjadi hijau tua serta merah hati; di kubangan lainnya berwarna  hijau tua menjadi hijau muda; dan di kubangan ketiga berwarna coklat kehitaman  menjadi biru langit.

C. Lokasi

Secara  adminitratif, Danau Kelimutu berada pada 3 kecamatan, yakni Kecamatan Detsuko,  Kecamatan Wolowaru dan Kecamatan Ndona, ketiganya berada di bawah naungan Kabupaten  Dati II Ende, Propinsi Nusa Tenggara Timur.

 D. Akses Menuju Lokasi

Dari ibukota Propinsi NTT, yakni Kupang, pengunjung  dapat menggunakan pesawat menuju kota  Ende, di Pulau Flores, dengan waktu tempuh mencapai 40 menit. Setiba di Ende, perjalanan  dilanjutkan dengan menggunakan angkutan umum berupa mini bus, menuju Desa  Kaonara, yang berjarak 93 km, dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Dari Desa  Koanara menuju Puncak Danau Kelimutu, wisatawan harus berjalan sepanjang 2,5 km.

E. Tiket Masuk

Hingga bulan Februari 2008, dilaporkan bahwa pada hari biasa, pengunjung dikenakan  biaya tiket masuk sebesar Rp. 3000, namun pada akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu,  pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp. 5000.

F. Akomodasi dan  Fasilitas Lainnya

Karena menjadi  salah satu objek wisata andalan bagi pemerintah setempat, maka akomodasi di  sekitar danau cukup diperhatikan.

Terdapat pondok  jaga, shelter berteduh untuk  pengunjung, MCK, kapasitas lahan parkir yang mampu menampung sekitar 20 mobil,  serta beberapa losmen kecil bagi para wisatawan yang hendak menginap.

(HK/08/02-08)

__________

Sumber Foto: http://www.dephut.go.id


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a comment